Tuesday 28 January 2014

Holiday to Bandung Part I


Sat-Night at Bandung

Setelah di rencanakan dari satu bulan yang lalu sebelum UAS berakhir, gue sama temen kuliah akhirnya sepakat untuk liburan akhir semester ini ke tempat wisata Gunung Tangkuban Parahu Lembang Bandung.

Rencananya kami akan menginap semalam di sebuah villa / Hotel yang ada didaerah Lembang Bandung, beberapa temen gue udah survei ke lokasi dan langsung booking villa family untuk 8 org, karena kalau mendadak takutnya kita ngk bisa dapet villa yang sesuai dengan budget dan takut full juga secara weekend pasti banyak yang liburan ke sana, untuk transportasinya kita memilih mobil pribadi, soalnya kalau backpacker gitu takut gak keburu waktunya,karena rencanya kita cuman berlibur sehari semalam aja disana,berangkat sabtu siang,pulang minggu sore.

Kamis 23 Januari 2014,

Dua hari sebelum hari H nya, tiba-tiba temen gue ngabarin kalau villa yang udah kita booking itu naikkin harga sewa nya, wah parah! atas dasar hari cekin kita adalah hari libur, karena pihak villa menentukan kenaikan harga akhirnya kita batalin, gila! ngk tanggung-tanggung naiknya sampai 200rb.. dari yang pas booking Rp. 400rb /malam naik jadi Rp. 600rb /malam. Akhirnya kita coba cari villa murah yang bisa booking via telp akhirnya temen gue dapet kamar yang bisa muat buat 4 sampai 6org, harganya lumayan bersahabat sama budget kita, 250rb/kamar  di Wisma Telkom daerah geger kalong  dan karena om nya temen gue adalah karyawan telkom jadi harga kamar bisa lebih murah, jadi Rp.200rb /kamarnya tinggal tunjukin fotocopy ID card karyawan telkom aja pada saat reservasi.

Sabtu 25 Januari 2014 

Dan ini lah hari yang kita tunggu-tunggu, rencana kita berangkat jam 13.00 sabtu siang, jam 10.00 tiba-tiba kita dapet kabar yang mengejutkan dari salah satu temen gue namanya Indira, dia ngk jadi ikut ke Bandung soalnya neneknya baru aja meninggal sabtu pagi, gue sama yang lain bingung campur sedih mendengar kabar itu, antara mau melanjutkan ke Bandung tanpa Indira atau kita tunda sampai minggu depan, sebenernya gue sama temen yang lain ngk enak juga sih, pergi disaat salah satu temen kita sedang berduka, tapi Indira tetep nyuruh kita buat tetep jalan, dia sendiri ngk mau acara ini di tunda, tapi dia juga tetep ngk bisa ikut, last minute kalau kita batalin akan merubah waktu yang lain, karena beberapa temen gue udah ambil cuti selama 2 hari di sabtu dan minggu, maklum mereka bekerja di salahsatu perusahaan pelayanan masyarakat,

Akhirnya kita sepakat untuk lanjutin ke Bandung, tapi sebelum berangkat,kita mampir dulu ke rumah Indira untuk melayat,, setibanya di rumah Indira gue ngk tega bgt ninggalin dia,huhu..said bgt :(   tapi gimana lagi? mungkin ini udah jalannya, setelah menemui Indira dan berpamitan kita langsung berangkat ke Bandung.

Jam 14.30

Gue, Risqie, Sebastian, Fadil, Galuh, Chairil dan Iwan ... melanjutkan perjalan kita ke Bandung, kita ber-tujuh sudah menyusun schedule untuk mengunjungi tempat-tempat yang ada di daerah Bandung, biar nanti kita ngk bingung dan ngk makan waktu karena harus muter-muter cari tempat bagus, tempat-tempat yang ingin kita kunjungi yaitu :
Pertama kita mau ke gedung sate gasibu sambil isi perut di cafe "pasar cisangkuy" yang gak jauh dari gedung sate dan taman lansia,setelah itu kita mau ke Dago pakar,paris van java,Ciwalk,Gede Bage,dll.
Mereka berharap gue jadi Tour gaet mereka selama berada di Bandung, haha ^0^ tapi pada kenyataannya gue ngk paham betul rute Bandung,,hihihi.. ^..^ Bandung kota kelahiran gue,tapi gue sama sekali ngk paham sama jalanan kota Bandung,soalnya gue jarang ke Bandung,dan lama di Jakarta, jarang pulang kayak Bang Toyib (tapi tiap lebaran gue pasti pulang ^,^ )


Rest Area at KM57 Tollway Jakarta-Cikampek

Ada yang kebelet pipis dan yang mau sholat, akhirnya kita berhenti di Rest Area km 57, toilet disana bersih banget ada cleaning servicenya yang membersihkan setiap saat, model toilet nya hampir mirip dengan toilet-toilet umum yang berada di dalam pusat perbelanjaan / Mall, nyaman dan bersih, tapi sayangnya tidak disediakan tisu didalam toilet, abis dari toilet gue sama Risqie menuju Masjid At-taubah untuk sholat Ashar, gue nemenin aja sih sebenernya soalnya lagi halangan (biasa wanita), jadi gue ngk masuk,gue cuman nunggu di pelatarannya aja,duduk ditangga sambil liat-liat area sekitar, selesai nemenin Risqie sholat,beli tahu sumedang dulu,yang letaknya ga jauh dari Masjid At-taubah, harganya Rp.1000,- per biji  ngk terlalu mahal lah untuk ukuran tahu sumedang sebesar kepal tangan bayi 10bln.hehe, dan rasanya juga gurih dan nagih, jlebb!!!!!
Disini juga terdapat SPBU 34, Kfc, Solaria, Dunkin donuts, Alfamart,Atm BCA.ATM Mandiri,Cirkle_K,stand souvenir,jajanan makanan dan minuman.
sebelum melanjutkan perjalanan foto-foto dulu sekedar pengen mengabadikan keberadaan kita di rest area km57.

Masuk Tol Cipularang,

Cemas! itu yang gue rasain pas masuk tol cipularang, soalnya denger berita di tv kalau ruas jalan tol cipularang arah Bandung amblas sepanjang 100 meter pada hari kamis 23 Januari 2014 malam, Sabtu 25 Januari 2014 ruas jalan yang amblas di KM 72 masih dalam perbaikan, berita-berita di TV terlalu heboh hingga membuat orang-orang yang tau kalau gue mau ke Bandung sangat mewanti-wanti, tapi seakan-akan menakut-nakuti akan bahaya kalau gue pergi kesana, ditambah cuaca Jakarta dan sekitarnya sedang ngk bagus,hampir sepanjang hari hujan melanda Ibu kota Jakarta,dan banjir dimana-mana, Bandung juga katanya bulan ini lagi hujan terus,huft..! Bimbang tapi gue tetep jalan kalau mikirin ketakutan pasti kesananya akan takut terus, waspada dan ambil positifnya aja, kita ngk tau kan kalau Tuhan nanti akan baik sama kita dan hujan ga turun selama kita berlibur,,hhehehehe..

On the way, Tol Cipularang KM72

Pas sampai di KM72 terjadi pengalihan arus kendaraan,arah Bandung dan Jakarta menjadi satu jalur sepanjang jalan yang mengalami kerusakan,ruas jalan yang amblas sepanjang sekitar 100 meter, gue sama temen-temen punya filling bakalan macet parah, tapi Allah maha baik, perjalanan ini sudah diatur-Nya agar perjalanan kami lancar, tak sampai 10menit jalanan kami lancar jaya,dan hujan pun tak pernah turun, Thanks Allah Swt..

Tol Pasteur

Disepanjang jalan tol cipularang gue ngk memejamkan mata sedetikpun, seakan terjaga takut kenapa-napa dijalan,(hehe,terlalu parno) gue sama tiga orang temen gue yang juga ngk tidur,nemenin ngobrol temen gue yang lagi nyetir takut nyetir sambil tidur kalau didiemin,hahah,,, dan akhirnya kami pun sampai di pintu tol pasteur dengan membayar tol sebesar Rp.49rb, dari jakarta, and WELCOME TO BANDUNG

Jam 18.30

Sampai lah kita di Gasibu, Lewati Gedung sate, Taman Lansia lalu kita mampir ke Cafe "Pasar Cikumpay" referensi temen gue yang sebelumnya survei dan pernah makan di tempat itu, cafe nya kebetulan lagi rame soalnya malam minggu,banyak yang hangout dan malam mingguan, karena meja paling depan udah penuh jadi kita dapet tempatnya di gazebo, cukup untuk 8 sampai 10 orang, padahal gue pengennya duduk di ruangan utama,karena didalam itu unik banget dekorasinya,kayak bener-bener lagi dipasar tapi desain nya modern dengan kaleng kerupuk yang dipajang di setiap sudut dinding cafe, lampu pijar dan meja kayu ada juga sofa seperti di cafe-cafe pada umumnya, ada yang unik guys, pas mau masuk cafe ada stand kerak telor persis kayak yang ada di Jakarta, ok..sekarang waktunya makan!

Gazebo
Menu makanan yang disajikan ga ada yang aneh sih buat gue,makanannya ya gitu-gitu aja,ga jauh-jauh dari nasi goreng,ayam bakar-ayam goreng,dan mie-mie'an, akhirnya gue pesen Paket Ayam Bakar tulang lunak, berharap sambalnya sambal terasi yang maknyus..beserta lalapannya,
dan eng ing eng, datanglah pesanan gue dengan wujud yg menggoda lidah,tp koq gue ga liat sambel terasi ala sunda tea,, hmmm,, gue cuman liat diatas besek (istilah yang gue sebut untuk piring yang terbuat dari rotan dengan alas daun) diatas beseknya itu ada sambel tapi warnanya pucet terus pake tempat yang biasa ada di kfc tuh yang buat tempat saos,bayangin aja kecil kann... hmm dan tidak disediakan sambal extra,menyebalkan,   sekali cocol itu mah sama gue langsung habis, bad mood  -_-   ayam bakar tulang lunaknya sih enak,sampe tulangnya bisa gue makan juga,tapi kecapnya manis parah kayak gue *^_^* buat yang suka pedes,ga cocok deh menu ayam bakar tulang lunak ini. trus kalau minumannya juga ga terlalu banyak pilihan, sama aja kayak di Wafa yang ada di Tebet, tapi spesialnya disini ada yang namanya es kelapa muda+nangka, gue akui deh kalau yang ini ga nyesel, enak banget,cuman harganya gue lupa,mungkin sekitar 12rb'an kalau Ayam bakar tulang lunak tadi yang gue makan harganya bagi gue ga recomended, Rp.22rb satu porsi paket Ayam bakar tulang lunak + tempe tahu dan sambal yang cuman seemprit,ga ada lalapan garnis timun dan potongan tomat pun gue lahap,, ^0^

setelah menikmati suasana cafe pasar cikumpay, gue sama temen-temen melanjutkan sat-night kita di Bandung, sebelum jalan,kita sempet foto-foto didepan cafenya..



gue sebenernya pengen nongkrong di gasibu dan pengen foto-foto depan gedung sate, tapi kelima laki-laki ini ga setuju, mereka ogah malem-malem nongkrong di situ katanya, banyak Banci keliaran bo''''' ^o^ dan bancinya afgan-afgan bo'' alias sadis-sadis,,hehe.. bener aja sih pas lewat situ gue liat ada dua orang cowo lagi nongkrong didepan gedung sate,weits tiba-tiba datang lah "meriam bellina" menghampiri, ^...^
Ya sudahlah, akhirnya kita lanjut perjalanan menuju Dago pakar,

Kalau orang Malaysia bilang Pusing-pusing kalau bahasa indonesia nya muter-muter @_@

Dengan menggunakan applikasi GPS di Androidnya Chairil, kita mengikuti petunjuk arah jalan yang ada di GPS, tujuan kita adalah Dago pakar, sebenernya ga ada yang salah sama petunjuk arahnya tapi sang pembawa kereta kencana salah belok, harusnya belokan pertama ehh malah kelawatan belokan kedua, alhasil nyasar lah kita sampai Bandung pusat,balik lagi ke cipaganti,tapi kita jadi tau studio nya Ardan Radio,ya meskipun cuman lewat doang,trus kita coba cari jalan baru lagi menuju dago pakar, dan yup, kita sampai di jl.ir.juanda.. akhirnya ketemu juga Dago Pakar,dan gue dengan polosnya nanya, "guys dimana kita nongkrongnya?".. trus kata temen gue "ini udah Dago pakar Yan"
tapi koq sepi yah, hmmm dan ternyata Dago pakar itu adalah Taman Hutan, taman hutan raya, sekaligus daerah wisata Goa Belanda dan Goa Jepang.. dan terdapat Dago pakar waterfall, (ga mungkin juga kann.. malem-malem masuk kesitu) ",     

Akhirnya kita cuman lewat aja, ga mampir, gila aja malem-malem maen di Taman Hutan, trus gue telp aja tante gue dengan maksud tanya tempat yang ennak buat nongkrong, sekaligus nanya jalan, dan yups.. tante gue nyaranin ke Taman Jomblo, yah gue pernah denger dan pernah liat liputannya di tv, itu kan hasil rancangan walikota Bandung Ridwan Kamil, trus lokasinya berada di bawah kolong jembatan Pasupati, "hmmm leures teu orang Bandung??"


Sat-night di Taman Jomblo
Taman Jomblo

Setelah melalui perjalan yang muter-muter tadi, akhirnya sampai lah kita di Taman Jomblo, dahulu katanya kolong jembatan pasupati ini sangat kumuh,dan sering dijadikan tempat berkumpul pengemis dan anak jalanan, Nah, walikota Ridwan Kamil menyulapnya menjadi taman yang indah dan unik, Sebenarnya Taman jomblo ini bernama Taman Pasupati,dan disediakan balok warna-warni yang bisa digunakan buat duduk dan santai tapi uniknya tempat duduknya dalam bentuk single seat, makanya Ridwan Kamil menamainya Taman Jomblo, karena tempat duduknya satu-satu atau menyendiri.


Taman Pasupati

kita semakin tenggelam dalam keramaian Taman Jomblo malam itu,ga cuman sebuah taman untuk sekedar nongkrong dan foto-foto aja, tapi disana juga terdapat skatepark,kita nonton sambil foto-foto anak-anak skate Bandung yang sedang berlatih hingga unjuk gigi, selain cowo ternyata ada anak skateboard cewe juga loh, wah ! keren yah, jadi anak-anak skateboard ga perlu lagi tuh,latihan disembarang tempat,udah disediakan skatepark sama pemkot nya tuh,dan semua anak skate bisa memanfaatkan ruang publik ini, asal dirawat dan dijaga fasilitasnya yah guys!

Arena SkatePark

Baltos (Balubur Town Square)

(Balubur Town Square)

Kereta kencana kita parkirnya di depan Baltos, yang letaknya bersebrangan dengan Taman Jomblo, setelah puas malam mingguan di Taman Pasupati atau Taman Jomblo,kita memutuskan untuk langsung ke wisma Telkom, tempat menginap yang sudah kita booking sebelumnya, sebelum masuk kedalam mobil, kita sempet foto-foto didepan Baltos (Balubur Town Square) yaitu Shoping centre yang beralamat di Jl.Tamansari,Bandung,bersebrangan dengan Taman Jomblo, jadi kalau mau ke taman jomblo bisa parkir di Baltos aja, deket banget tinggal nyebrang. Karena udah malem dan Baltos udah mau tutup jadi kita ga nyempetin masuk ke dalamnya, sebenernya sih kalau masih buka pengen banget siapa tau aja dapet aksesoris yang lucu-lucu,

Wisma Telkom

Wisma Telkom

Reception Wisma Telkom

Pulangnya kita lewat paris van java , ciwalk dan cipaganti,,lalu merangsek ke arah geger kalong
untuk ke Wisma Telkom memakan waktu kurang lebih 20menit aja dari Balubur.. atau Taman jomblo.

Jam 22.30

sampai lah kita di wisma telkom, setelah resrvasi di resepsionis, gue sama temen-temen langsung naik ke lantai 3, dan langsung menuju kamar yang sudah kita booking, kesan pertama yang gue liat di wisma telkom serasa berada di rumah sakit,hehe, asrama atau rusun mungkin,karena dari luar sebenarnya hampir mirip dengan rumah sakit, meskipun ini sebenernya adalah tempat pelatihan murid-murid STT telkom, kalau lagi ngk dipake memang biasa disewakan untuk umum, ruangan nya luas dan berada didalam komplek Universitas telkom,

Kondisi Kamar
Paviliun yang nyaman di lantai III
2 single bed digabung





Kamar nya nyaman banget menurut gue, dalam satu kamar terdapat 4 buah single bed,tersusun rapih dengan meja belajar dan 2 buah meja rias beserta kaca dan lemarinya, untuk kamar mandinya didalam kamar, terdapat shower, toilet duduk dan wastafel juga sudah disediakan sabun mandi dan shampo,semacam dihotel.

Jendela sangat lebar,jadi kamar tidak pengap,,, kalau mau nonton tv disediakan di paviliun,lengkap dengan sofa dan mejanya cocok banget buat yang mau bergadang sambil nonton tv,

abis cuci muka dan bersih-bersih..gue langsung tidur,,,, ga sabar nunggu besok pagi,buat berwisata ketempat tujuan utama.. yaitu Gunung Tangkuban Perahu (~,~) "Have a nice Dream"






No comments:

Post a Comment